Contoh soal UKG 2015
Ini contoh soal UKG pedagogig ya,
selamat belajar semoga sukses ...
1. Serangkaian kegiatan untuk
menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
a. pengukuran b. pensekoran c.
penilaian d. pengujian e. evaluasi
2. Serangkaian kegiatan yang
sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau
program adalah:
a. pengukuran b. pensekoran c.
penilaian d. pengujian e. evaluasi
3. Di bawah ini beberapa hal yang
perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik,
kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur
pencapaian kompetensi; b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian
kompetensi; c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan; d.
dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek. e. dilakukan
sesuai dengan kegiatan pembelajaran;
4. Assesmen hasil belajar peserta
didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid) b. objektip, c.
adil, d. kooperatip; e. terpadu.
5. Kemampuan yang berhubungan
dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama,
disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan
kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitif b. afektif c. psikomotor
d. psikologis e. kepribadian
6. Di bawah ini merupakan
beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. dapat menilai kemampuan dan
tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya
karena dilakukan secara berhadapan langsung; b. bagi peserta didik yang
kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran dalam memahami
pernyataan soal, c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik
dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes. d. lebih obyektif bagi
pendidik dalam memberikan penilaian. e. hasil tes dapat langsung diketahui
peserta didik;
7. Tes simulasi merupakan salah
satu bentuk dari teknik penilaian:
a. lisan b. prkatik/kinerja c.
penugasan d. portofolio e. penilaian diri
8. Di bawah ini langkah-langkah
penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian b.
memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD). c. menentukan
jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya d. menyusun kisi-kisi
tes dan pedoman penskorannya e. menentukan kriteria ketuntasan minimal
9. Di bawah ini beberapa hal
penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen,
kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara
teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik, b. kontinuitas, yaitu materi
lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah
dipelajari sebelumnya, c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk
mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain, d. keterpakaian, yaitu rnateri
yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari. e. ketuntasan,
yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik
10. Di bawah ini merupakan
beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali: a. menentukan tujuan
tes; b. menentukan kompetensi yang akan diujikan; c. menentukan materi yang
diujikan; d. menentukan batas ketuntasan/kelulusan e. menyusun kisi-kisi;
Soal Siap UKG Pedagogik 2015
untuk PAUD, SD, SMP, SMA/SMK
11. Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis,
aplikasi, sintesis, dan evaluasi; b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
síntesis, dan evaluasi c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis. e.
ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi
12. Norman E. Gronlund dan R.W.
de Maclay mengembangkan domain psicomotor dengan urutan berikut.
a. persepsi, respon terpimpin,
mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari
nilai. b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang
kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai c. persepsi, kesiapan,
mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi
dari nilai d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin,
mekanisme; organisasi, dan karakterisasi dari nilai e. persepsi, kesiapan,
respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks, organisasi, dan
karakterisasi dari nilai
13. Di bawah ini merupakan
beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali:
a. membandingkan b. menjelaskan
c. hubungan sebab-akibat d. memberi alasan.. e. meringkas
14. Di bawah ini adalah jenis
perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
a. ingatan b. analisis c.
perbandingan d. penyimpulan e. mencipta
15. Di bawah ini merupakan
kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali:
a. soal harus sesuai dengan
indikator. b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang
diharapkan. c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran. d.
ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal e. materi yang ditanyakan
harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas.
16. Penilaian yang meminta
peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam
konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:
a. penilaian projeck b. penilaian
kinerja c. penilaian produk d. penilaian portofolio e. penilaian non tes
17. Validitas dalam penyusunan
instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teori adalah:
a. validitas isi b. validitas
prediktif c. validitas konstruk
18. Pada tingkat mata pelajaran,
kompetensi yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensi b.
kompetensi dasar c. standar kompetensi kelulusan d. indikator-indikator
kompetensi dasar e. kompetensi komperhensip
19. Penilaian yang didasarkan
pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan
prinsip penilian yang:
a. adil b. obyektif c. valid d.
sistematis e. akuntabel
20. Penilaian yang dapat
dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal
tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil b. obyektif c. valid d.
sistematis e. akuntabel
Soal Siap UKG Pedagogik PAUD, SD,
SMP, SMA/SMK
21. Penilaian yang dilakukan
secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal
tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil b. obyektif c. valid d.
sistematis e. akuntabel
22. Daftar pertanyaan merupakan
bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulis b. tes lisan c.
tes kinerja d. jurnal e. portofolio
23. Penilaian yang dapat menilai
kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta
kepribadiannya karena dilakukan secara langsung adalah salah satu kelebihan
dari teknik penilaian;
a. tes tertulis b. tes lisan c.
tes perbuatan d. wawancara e. portofolio
24. Materi yang diperlukan untuk
mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain adalah hal penting dalam membuat
soal berdasarkan kriteria:
25. Materi secara teoritis mutlak
harus dikuasai oleh peserta didik adalah pertimbangan untuk dimuat dalam
butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensi b. kontinuitas c.
relevansi d. keterpakaian e. kompleksitas
26. Rumusan pokok soal tidak
menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya,
umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal pilihan ganda berdasarkan kaidah:
a. materi b. konstruksi c. bahasa
d. etika e. kejelasan
27. Aspek yang dinilai di
antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat,
(2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas
serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan
menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja b. produk c. penugasan
d. lisan e. wawancara
28. kecenderungan bertindak dalam
perubahan tingkah laku melalui latihan dan pengalaman dari keadaan tidak tahu
menjadi tahu yang dapat diukur melalui: toleransi, kebersamaan dan
gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran adalah definisi operasional
dari:
a. minat belajar b. sikap belajar
c. motivasi berprestasi d. stress belajar e. aktivitas belajar
29. Hal-hal yang berhubungan
dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap termasuk dalam dimensii: a.
kognisi
30. KKM sebagai acuan bagi
pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mata
pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKM b. prinsip KKM c.
tujuan KKM d. manfaat KKM e. peran KKM
Soal Siap UKG Pedagogik 2015
PAUD, SD, SMP, SMA/SMK
31.Ada beberapa teknik dan alat
penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk memperoleh
informasi tentang keadaan belajar peserta didik. Berikut ini yang merupakan
teknik penilaian melalui tes adalah...
a. tes perbuatan b. teknik
wawancara c. observasi d. tes simulasi e. lembar penilaian fortofolio
32. Kisi-kisi yang baik harus
memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili
isi kurikulum b. menggunakan kata kerja operasional c. komponennya diuraikan
secara jelas dan mudah dipahami d. materi yang hendak ditanyakan dapat
dibuatkan soalnya e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan
secara tepat dan proposional
33. Menggunakan kata kerja
operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan
syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi b.
penentuan dan penyebaran soal c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja d.
penyusunan butir soal tes tertulis e. perumusan indikator soal
34. Dalam penulisan soal bentuk
uraian hal yang sulit adalah menyusun pedoman penskorannya. Berdasarkan metode
penskorannya. bentuk uraian diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian
non-objektif b. komunikatif dan inovatif c. evaluasi dan analisis d. kesimpulan
dan pendapat e. justifying dan inferring
35. Sebuah penilaian yang meminta
peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam
konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:
36. Minat adalah kesadaran yang
timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang
tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh...
a. Cror and Crow b. Grondlund c.
Crites d. Thrustone e. Donal Cambell
37. Bentuk instrumen berupa
daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini adalah...
a. tes tertulis b. tes lisan c.
tes kinerja d. jurnal e. portofolio
38. Yang merupakan tes
kreativitas adalah...
a. tes verbal b. tes lisan c. tes
analisis d. tes mengelompokkan e. evaluasi
Soal Siap UKG Pedagogik 2015 UKKS
dan UKPS
39. Tahap persiapan, tahap
proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan beberapa aspek yang dinilai
dalam penilaian...
a. project b. product c.
performance Assessment d. verbal e. kinerja
40. Fungsi KKM adalah sebagai
berikut, kecuali....
a. sebagai acuan peserta didik
dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran b. merupakan target
satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran c. merupakan
kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan
dengan masyarakat d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam
melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. e.
Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang ...
Menika kuncinipun, tulung dicek
maleh. Mnw wonten ingkang salah nyuwun tlng dibetulkan. Suwun
1. A
2. E
3. D
4. B
5. C
6. A
7. E
8. D
9. B
10. C
11 A
12. E
13. D
14. B
15. C
16. A
17. E
18. D
19. B
20. C
21. A
22. E
23. D
24. B
25. C
26. A
27. E
28. D
29. B
30. C
31. A
32. E
33. D
34. B
35. C
36. A
37. E
38. D
39. B
40. C
sumber: http://www.sirodjudin.com/2015/10/contoh-soal-pedagogig-ukg.html
sumber: http://www.sirodjudin.com/2015/10/contoh-soal-pedagogig-ukg.html